Minggu, 21 Agustus 2016

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Charade Classy

Ulasan Spesifikasi dan Harga Daihatsu Charade Classy - Siapa yang tak kenal Charade Classy? Mobil sedan kompak yang lebih dikenal dengan sebutan Charade Sedan atau Daihatsu Classy ini merupakan varian sedan pertama dan terakhir dari seluruh ciptaan Daihatsu yang pernah hadir di Indonesia. Charade Classy pertama kali dikenalkan di tahun 1990an dengan menggunakan kode sasis G102 sedangkan untuk varian hatchbacknya yaitu Charade CX Winner menyandang kode G100.

Awalnya, Daihatsu sama sekali tidak memproduksi kendaraan sedan, namun mengingat banyaknya tuntutan pasar sedan di era 90-an di seluruh dunia akhirnya memaksa Daihatsu untuk memulai proyek ini. Cara yang ditempuh dan dianggap paling mudah adalah mengembangkan platform sedan berdasarkan hatchback yang sudah ada, sehingga lahirlah Charade sedan ini. Varian sedan Charade digadang-gadang menjadi kompetitor terdekat bagi Suzuki Esteem, Toyota Corolla Twincam, Honda Grand Civic, BMW Seri-3 E30 serta Mazda Interplay. 

Produksi Charade Classy dihentikan 7 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1997 dan hingga sekarang sama sekali tidak dilanjutkan. Selama masa produksi tersebut, Charade mengalami masa facelift dua kali, yang pertama pada tahun 1994 dan namanya berubah menjadi Classy Pro dengan adanya penambahan spoiler belakang. Sedangkan untuk facelift kedua dilakukan pada tahun 1996 dengan perubahan nama menjadi Classy Royal yang dibekali warna body two-tone dan jok kulit.

Eksterior Daihatsu Charade Classy
Karena dikembangkan berdasarkan basis Charade hatchback, lantas secara garis besar desainnya keduanya tak jauh berbeda. Pada bagian depan, keduanya sama-sama menggunakan headlamp kaca buram (bukan kristal) berbentuk trapesium dengan ujung sedikit membulat. Di area tengah, grill yang diusungnya berupa plastik hitam dengan tambahan logo nama Daihatsu dan lencana 16V yang menandakan mobil ini telah mengadopsi mesin 16 klep / katup. 


Pada bagian samping, terdapat sebuah keunikan dimana frame kaca yang digunakan ukurannya benar-benar besar. Jika dilihat sekilas, desainnya kurang proporsional untuk sebuah sedan. Namun dibalik hal itu, pandangan penumpang keluar menjadi lebih luas.


Perbedaan paling besar dibandingkan dengan varian hatchbacknya ada pada bagian belakang. Karena berbentuk sedan, pastinya Charade Classy dibekali dengan bagasi yang memanjang ke belakang. Sehingga kapasitas untuk penyimpanan barang bawaan menjadi lebih maksimal. Selain itu, ukuran stoplamp dan garnish belakang terlihat lebih besar (untuk Charade Winner lebh tipis).


Interior Daihatsu Charade Classy

Menilik ke dalam kabinnya, seluruh bagian interior memang terkesan hambar atau biasa saja. Namun jika disajikan ke dalam tabel harga berbalik dengan fitur yang ditawarkan, Charade cukup unggul di kelasnya. Fitur-fitur elektrik yang tersaji di dalamnya antara lain power window, electric mirror, power steering serta power steering.


Bagaimana dengan kursinya? Ini adalah pertanyaan yang vital bagi yang calon pembeli yang sudah berkeluarga. Sejauh perjalanan, mobil ini dapat menampung hingga 5 penumpang dewasa dengan sedikit berdesakan. Demi meraih posisi duduk paling nyaman dalam perjalanan jauh, selayaknya kursi belakang diisi oleh 2 orang dewasa saja, atau dengan tambahan balita di tengahnya.

Kinerja dan Performa Mesin Daihatsu Charade Classy
Pada bagian dapur pacu, Daihatsu menyematkan mesin berkode HC-C karburator dengan kapasitas 1.3 liter (1300cc) yang juga turut digunakan pada Daihatsu Zebra dan Daihatsu Winner. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin ini yaitu 89 HP pada 6.500 RPM dengan torsi puncak sebesar 105 Nm pada 4.000 RPM. Tenaga dan torsi yang cukup untuk melesatkan body ringannya hinga kecepatan maksimal di angka 140km/jam.


Impresi dan Handling Daihatsu Charade Classy
Berbicara mengenai impresi dan handling, sebenarnya tidak ada yang dapat dibanggakan dari mobil ini selain kemudinya yang tergolong ringan. Selain itu masih sama seperti sedan era 90-an pada umumnya. Jauh dari kesan fun to drive. Namun satu hal yang paling menarik dari mobil ini adalah ruang lutut row depan yang sangat lega. Bagi orang berpostur tinggi sama sekali bukan menjadi masalah karena lutut tidak akan terbentur dengan area bawah kemudi.

Spesifikasi Daihatsu Charade Classy
  • Mesin : HC-C 1.3 liter karburator.
  • Konfigurasi : 4 silinder segaris 16 katup SOHC.
  • Tenaga : 89 HP @6.500 RPM.
  • Torsi : 105 Nm @4.000 RPM.
  • Bore x stroke : 76 mm x 71.4 mm.
  • Rasio kompresi : 9:1.
  • Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota) ; 12-15 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Manual 5 percepatan.
  • Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang independent.
  • Rival : Suzuki Esteem, Toyota Corolla TwincamHonda Grand Civic, BMW Seri-3 E36 serta Mazda Interplay
  • Tahun Penjualan : 1990 - 1994 (Classy) ; 1994 - 1996 (Classy Pro) ; 1996 - 1998 (Classy Royal).

Harga Daihatsu Charade Classy
  • Tahun 1990 : 22 juta.
  • Tahun 1991 : 24 juta.
  • Tahun 1992 : 26 juta.
  • Tahun 1993 : 28 juta.
  • Tahun 1994 : 30 juta.
  • Tahun 1995 : 32 juta.
  • Tahun 1996 : 34 juta.
  • Tahun 1997 : 36 juta.
  • Tahun 1998 : 40 juta.

Kelebihan Daihatsu Charade Classy
  • Harga miring.
  • Akselerasi bagus.
  • Irit BBM.
  • Sparepart tersebar hingga daerah pelosok.
  • Perawatan mesin relatif mudah.

Kekurangan Daihatsu Charade Classy
  • Kaki-kaki lemah.
  • Model ketinggalan zaman.
  • Bentuk fender belakang jelek.
  • Part modifikasi sangat terbatas.
  • Kurang cocok untuk remaja.

Demikian ulasan lengkap mengenai review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan Daihatsu Charade Classy. Mobil ini bisa dikatakan adalah pilihan yang paling tepat untuk dijadikan alternatif dari Corolla Twincam ataupun Honda Grand Civic. Mengingat kedua rivalnya tersebut masih menjadi favorit hingga sekarang sehingga harganya pun melambung tinggi di pasar sedan bekas 90-an. Salam Fix Car Mods

0 komentar

Posting Komentar